Rabu, 17 Agustus 2016

INFEKSI GINJAL PIELONEFRITIS

Salah satu kondisi tubuh yang kurang mnyenangkan ialah dengan adanya gangguan berupa infeksi ginjal atau disebut dengan Pielonefritis. Jika tidak segera ditangani infeksi ginjal akan menjadi masalah serius bagi kesehatan anda. Oleh karenanya, mendeteksi gejala infeksi ginjal atau Pielonefritis merupakan hal yang sangat penting bagi kita semua. Agar setidaknya kita segera mendapatkan pertolongan dengan pengobatan sehingga kesehatan kita tetap terjaga. Berikut ini merupakan uraian singkat tentang penyebab, gejala, dan cara mengatasi Infeksi ginjal atau Pielonefritis.


Penyebab Infeksi Ginjal (Pielonefritis)
Penyebab infeksi ginjal secara umum terjadi karena akibat dari kompilkasi infeksi kandung kemih atau sistitis. Mikroorganisme yang menyebabkan terjadinya infeksi kandung kemih dapat berkembang dan pindah dan kemudian menginfeksi ginjal. Mikroorganisme yang dalam hal ini biasanya bakteri biasanya hidup dan berkembang di dalam usus. Dari usus bakteri tersebut bisa berpindah dari anus dan naik melalui tabung yang menjadi jalannya urin yang kemudian menuju kandung kemih atau uretra, di sini bakteri tersebut dapat menyebabkan kandung kemih, yang selanjutnya juga dapat berpindah dan menyebabkan infeksi ginjal.

Penyebab Infeksi Ginjal atau Pielonefritis juga disebabkan oleh adanya gangguan pada ginjal itu sendiri. Beberapa orang biasanya rentan terhadap infeksi ginjal jika ia memiliki penyakit batu ginjal atau gangguan ginjal lainnya.

Faktor jenis kelamin juga berpengaruh terhadap terjadinya infeksi ginjal atau Pielonefritis, dimana wanita lebih rentan untuk memiliki gangguan infeksi ginjal. Hal itu terjadi karena uretra atau kandung kemih pada wanita lebih dekat dengan anus mereka, hal ini menyebabkan mudahnya bakteri untuk masuk kedalam kandung kemih. Selain itu wanita memiliki uretra yang lebih pendek dari pada pria.

Gejala Infeksi Ginjal (Pielonefritis)
Pada orang yang terkena infeksi ginjal biasanya akan menimbulkan beberapa gejala. Gejala infeksi ginjal biasanya berlangsung dengan cepat, hal ini bisa terjadi beberapa jam atau lebih. Beberapa gejala diantaranya adalah:

  • Adanya nyeri yang dirasakan pada sekitar pinggang;
  • Suhu tubuh meninggi atau demam yang biasanya dapat menyebabkan orang menggigil;
  • Diare;
  • Mual;
  • Muntah dan 
  • Adanya darah dalam urin. 

 Selain itu gejala ginjal infeksi ginjal bersamaan dengan infeksi kandung kemih seperti terlalu sering ketoilet, dan adanya rasa nyeri saat buang air besar.

Perawatan Dan pengobatan Infeksi Ginjal (Pielonefritis)
Perawatan yang diberikan pada infeksi ginjal atau pielonefritis tidak jauh beda dengan pengobatan yang dilakukan pada infeksi lainnya. Pemberian obat antibiotik dan obat pereda sakit dipercaya mampu mengatasi infeksi ini. Antibiotik bisa langsung diberikan jika sudah ada gejala tanpa harus melakukan tes urin terlebih dahulu. Sementara itu pemberian obat pereda sakit seperti parasetamol akan sangat bermanfaat dalam mengatasi suhu tubuh yang tinggi atau demam. Selain memberikan obat obatan antibiotik dan obat pereda sakit, penderita sangat disarankan untuk mengkonsumsi banyak cairan. Hal ini dilakukan untuk menghidari terjadinya dehidrasi atau kekeurangan cairan.

Infeksi ginjal biasanya tidak parah, dan bisa dirawat di rumah dengan mengkonsumsi obat obatan antibiotik. Akan tetapi ada beberapa kasus yang menyebabkan pasien harus dirawat di rumah sakit. Pasien biasanya akan dirawat di rumah sakit jika infeksi tergolong parah dan tidak sembuh dengan pengobatan anti biotik. Selain itu, pasien juga perlu dirawat di rumah sakit jika pasien ,engalami dehidrasi dan memiliki gangguan ginjal lainnya.

Cara Mencegah Infeksi Pada Ginjal (Pielonefritis)

  • Infeksi ginjal merupakan gangguan yang bisa dicegah. Cara mencegah terjadinya infeksi ginjal ialah dengan memperhatikan beberapa hal diantaranya adalah:
  • Tidak menahan hasrat buang air kecil, 
  • Mengkonsumsi air yang cukup. Selain itu, 
  • Jika anda mengalami penyakit sembelit, sebaiknya segera ditangani. Karena hal tersebut dapat menyebakan infeksi kandung kemih yang nantinya juga akan mempengaruhi ginjal. 
  • Hal yang juga perlu diperhatikan adalah ketika anda ke toilet, pastikan bahwa bagian sensitif terhadap bakteri dicuci dengan bersih.


0 komentar:

Posting Komentar