Rabu, 17 Agustus 2016

Penyakit Anuria Pada Ginjal Dan Penyebabnya

Penyakit anuria merupakan kegagalan ginjal dalam memproduksi urin. Anuria diakibatkan oleh kurangnya tekanan untuk melakukan filtrasi darah dalam ginjal. Penyakit anuria juga bisa muncul akibat radang di glomerulus, yakni organ penyaring darah pada ginjal. Penyempitan arterial efferent oleh hormon epinefrin dan radang menjadi penyebab utama terjadinya penyakit ini.

Sebagai akibat terjadinya penyakIt anuria pada ginjal, maka akan timbul gangguan keseimbangan di dalam tubuh. Misalnya, penumpukan cairan, elektrolit, dan sisa-sisa metabolisme tubuh yang seharusnya keluar bersama urine.

Kegagalan manfaat ginjal, yang bisa mempunyai pemicu ganda terhitung obat-obatan atau racun ( contohnya, antibeku ), diabetes, tekanan darah tinggi. batu atau tumor dalam saluran kemih juga bisa mengakibatkan obstruksi dengan menciptakan untuk aliran urin. kalsium darah yang tinggi, oksalat, atau asam urat, bisa berkontribusi pada risiko pembentukan batu. pada lelaki, kelenjar prostat membesar yaitu pemicu umum dari penyakit anuria obstruktif.

Penyakit anuria akut, dimana penurunan produksi urin berlangsung dengan cepat, umumnya adalah sinyal obstruksi atau gagal ginjal akut. Gagal ginjal akut bisa dikarenakan oleh faktor-faktor yang tidak terkait dengan ginjal, layaknya gagal jantung, infeksi, serta situasi lain yang mengakibatkan ginjal dapat kekurangan aliran darah.
Menurut pemicu berlangsungnya, penyakit anuria bisa dikelompokkan dalam 3 golongan yakni :
  • Anuria prerenal contohnya berlangsung pada situasi hipoperfusi layaknya disebabkan dehidrasi, combustio, perdarahan, trauma yang massive atau sepsis. Penyakit anuria pre-renal ini bisa juga dikarenakan oleh obstruksi arteri renalis contohnya oleh disebabkan emboli ( fibrilasi atrium ), thrombus ( atherosclerosis ), serta trauma arteri renalis bilateralis. bendungan ke-2 vena renalis bisa juga mengakibatkan penurunan produksi urine, contohnya disebabkan kelainan koagulasi, atau penyebaran tumor.
  • Anuria renal diperoleh pada nekrosis tubuler akut, glumerulonefritis akut, serta pada sebagian situasi glumerulopati.
  • Anuria post-renal bisa berlangsung disebabkan obstruksi urethra oleh dikarenakan striktura, pembesaran prostat, sumbatan ke-2 ureter contohnya dikarenakan trauma atau laparatomi, sistem keganasan dalam rongga pelvis serta batu pada saluran kemih.
Penyebab Penyakit Anuria
Penyakit anuria adalah tidak adanya lengkap penyebab prerenal dari urin production.Penyakit anuria meliputi hipovolemia, sepsis, syok kardiogenik dan penyebab ginjal hypoxia. Sebagian besar akibat kerusakan atau iskemia pada glomeruli ginjal dan tubules. Postrenal anuria biasanya karena obstruksi aliran urin melalui saluran kemih bawah.

Penyebab masalah penyakit anuria harus ditetapkan. Kandung kemih kateter jika sampel voided tidak dapat diperoleh. Urin diperiksa untuk berat jenis, adanya gips (menyiratkan penyebab ginjal), urin dikirim untuk budaya dan mikroskop.

Penyakit anuria yang tidak diobati dapat menyebabkan uremia, kondisi medis yang ditandai dengan jumlah ekstrim urea dalam darah. Ini juga, mungkin merupakan tanda dari gagal ginjal atau disfungsi. Pada gilirannya, uremia dapat menyebabkan kondisi kesehatan serius, termasuk koma, kejang, dan bahkan kematian. Yang timbul mendadak sebagian besar disebabkan gagal ginjal akut, yang secara klinis dipakai bersama-sama dengan keadaan yang disebut oliguria, yaitu keadaan dimana produksi urine dalam 24 jam antara 100 — 400 ml.

Penyakit anuria merupakan tanda-tanda, bukan hanya penyakit. Hal ini kerap dihubungkan dengan tanda-tanda lain dari kegagalan ginjal, layaknya kurangnya nafsu makan, mual, lemah, serta muntah. ini yaitu beberapa besar hasil dari penumpukan racun dalam darah yang umumnya dapat dikeluarkan oleh ginjal yang sehat.

Penyakit anuria adalah tanda-tanda berlangsungnya gagal ginjal. dari sebab-sebab anuria yang bisa mengakibatkan gagal ginjal beberapa besar yaitu sebab-sebab di luar ginjal yang dengan kemajuan pengetahuan kedokteran sudah bisa banyak diperbaiki/dicegah.

Penyembuhan penyakit anuria bergantung pada pemicu yang mendasari tanda-tanda ini. yang sangat gampang diobati pemicunya yaitu obstruksi aliran urin, yang kerap dikerjakan dengan penyisipan kateter urin ke dalam kandung kemih.

0 komentar:

Posting Komentar